Cara Mencegah Penyebaran Virus Bakteri Faringitis

Cara Mencegah Penyebaran Virus Bakteri Faringitis,- penyakit faringitis termasuk kondisi menular, di mana cara penularan atau penyebaran infeksi  varingitis bukan melalui suatu objek atau benda langsung. Namun mereka dapat menularkan melalui udara seperti akibat bersin, batuk, atau air ludah.

Namun hal ini tentu dapat kita cegah lebih awal pada orang yang belum terkena infeksi. Sebaiknya hindari saat ingin batuk atau bersin dengan orang yang dekat. Di mana sebagian kasus besar, orang yang terkena faringitis terpapar dari kontak dengan orang yang terkena infeksi.

Cara Mencegah Penyebaran Virus Bakteri Faringitis

Cara Mencegah Penyebaran Virus Bakteri Faringitis

√ Hindari berbagi pemakaian peralatan seperti gelas minum.
√ Sering mencuci tangan, terutama sebelum makan dan setelah batuk atau bersin
√ Konsumsi banyak cairan untuk mencegah dehidrasi
√ Istirahat yang cukup
√ Berkumur dengan air garam hangat (1 sendok teh garam per 8 oz air)
√ Hindari berbagi makanan dan minuman
√ Hindari kebiasaan merokok

Inilah beberapa jenis bakteri dan virus yang menjadi infeksi dari faringitis, mencakup ;

Jenis infeksi virus dari Faringitis

  1. Adenovirus, di mana jenis virus ini tidak menyebabkan tingkat pembesaran kelenjar getah bening leher sederhana dan tenggorokan sering tidak tampak merah, meski terkadang sangat menyakitkan.
  2. Orthomyxoviridae yakni jenis virus penyebab influenza yang sering ditandai dengan gejala suhu tinggi, sakit kepala dan sakit umum. Sakit tenggorokan mungkin terkait.n.
  3. Virus herpes simpleks bisa menyebabkan banyak ulkus mulut
  4. Flu biasa : rhinovirus, coronavirus, virus pernapasan syncytial, virus parainfluenza dapat menyebabkan infeksi pada tenggorokan, telinga, dan paru-paru yang menyebabkan gejala seperti dingin dan sering terasa sakit
  5. Infeksi mononukleosis (“demam kelenjar”) yang disebabkan oleh virus Epstein-Barr. Hal ini dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening yang signifikan dan tonsillitis eksudatif dengan kemerahan disertai dengan pembengkakan tenggorokan. Jenis dari infeksi ini juga sering terjadi pada orang yang berusia 15 sampai 30 tahun.

Jenis infeksi bakteri dari faringitis

  • Sejumlah bakteri dapat berbeda dalam menyebabkan infeksi pada tenggorokan manusia. Namun jenis yang plaing umum adalah Streptococcus Grup A dan jenis lainnya termasuk Streptococcus pneumoniae, Haemophilus influenzae, Bordetella pertussis, Bacillus anthracis, Corynebacterium diphtheriae, Neisseria gonorrhoeae, Chlamydophila pneumoniae, dan Mycoplasma pneumoniae.
  • Faringitis Streptococcal
  • Fusobacterium necrophorum
  • Difteri adalah infeksi pernafasan atas yang berpotensi mengancam jiwa, di mana kondisi ini disebabkan oleh Corynebacterium diphtheriae
  • Kasus radang tenggorokan sering disebabkan oleh jenis bkateri streptokokus beta-hemolitik grup A (GAS). Ini termasuk jenis bakteri penyebab paling umum dari faringitis hampir 15 sampai 30%. Di mana kondisi ini sering ditandai dengan datangnya demam, sakit tenggorokan dan kelenjar getah bening yang besar. Jenis infeksi ini termasuk bersifat menular. Gejala radang tenggorokan meliputi eritema faring dan pembengkakan, eksudat tonsillar, uematosa edematous, palatine petechiae, dan limfadenopati serviks anterior
  • Jenis Jamur juga termasuk Candida albicans yang menyebabkan sariawan

Itulah sedikit ulasan mengenai Cara Mencegah Penyebaran Virus Bakteri Faringitis dan jenis infeksi virus dan bakteri yang menjadi penyebab umum dari penyakit faringitis. Semoga informasinya bermanfaat dan salam sehat..

Baca juga ; Minuman Sehat Herbal Pereda Radang Tenggorokan


By, Cara Mengobati Faringitis Kronis

Cara Mencegah Penyebaran Virus Bakteri Faringitis

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s