Waspadai Bahaya Infeksi Strep Akibat Faringitis

Waspadai Bahaya Infeksi Strep Akibat Faringitis,- Dimana infeksi ini dapat berkembang pada penderita yang  bermasalah dengan radang tenggorokan yang sering menyebabkan gejala gatal dan terasa perih. Radang tenggorokan merupakan nama lain dari faringitis yang umumnya terjadi pada kalangan anak-anak, namun juga dapat mempengaruhi segala usia.

Waspadai Bahaya Infeksi Strep Akibat Faringitis Pada Anak, Dewasa & Ibu Hamil

Waspadai Bahaya Infeksi Strep Akibat Faringitis

Jenis infeksi bakteri dari strep dapat dibagi menjadi dua group, yakni Grup A yang dikenal sebagai Streptococcus pyogenes. Bakteri strep termasuk sangat menular, dimana mereka dapat disebarkan oleh sekresi hidung dan air liur. Radang tenggorokan merupakan kondisi yang tidak berbahaya, namun dengan hadirnya infeksi bakteri sehingga hal ini dapat berkembang ke tahap kondisi yang lebih buruk jika mereka tidak segera ditangani. Jika radang tenggorokan tidak membaik dalam waktu sekitar 2 hari setelah pengobatan dimulai, hal itu bisa menunjukan adanya infeksi lain dimana terjadi penyebaran radang ke daerah lain tenggorokan atau reaksi radang.

Bakteri strep dapat menginfeksi tonsil dan sinus, termasuk juga telinga tengah, kulit, dan darah yang bisa menjadi terinfeksi. Jenis bakteri Grup A streptokokus dapat mengakibatkan demam berdarah impetigo, toxic shock syndrome, selulitis dan necrotizing fasciitis (penyakit pemakan daging), menurut National Institutes of Health (NIH). Demam rematik dapat terjadi dua sampai empat minggu setelah seseorang terinfeksi radang, yang ditandai dengan gejala termasuk sendi bengkak, nyeri dan demam. Peradangan serius akibat demam rematik dapat mempengaruhi jantung, sendi, sistem saraf dan kulit

√ Grup A streptokokus (radang A) sering ditemukan pada permukaan kulit dan di dalam tenggorokan. Mereka adalah penyebab umum dari infeksi pada orang dewasa dan anak-anak. Diamana mereka juga dapat menyebar melalui tetesan dari batuk atau bersin dari seseorang yang terinfeksi atau benda yang terkontaminasi.

( Baca Juga : Minuman Herbal Pereda Radang Tenggorokan )

Terdapat juga infeksi strep A invasif, dimana dalam kasus yang jarang terjadi dari jenis bakteri ini dapat menembus jaringan dan organ tubuh lebih dalam. Kondisi ini termasuk jarang terjadi sehingga biasanya mempengaruhi pada kelompok orang² tertentu termasuk orang dengan diabetes atau pada orang dengan sistem kekebalan yang lemah (misalnya karena pengobatan kanker atau HIV).

√ Grup B strep biasanya hidup tanpa menimbulkan bahaya signifikan di dalam sistem pencernaan dan vagina. Strep B kadang-kadang dapat menyebabkan infeksi saluran kemih (ISK), infeksi kulit, infeksi tulang, infeksi darah dan pneumonia, terutama pada orang yang rentan, seperti lansia dan orang-orang dengan diabetes.

Strep B yang terjadi pada kehamilan, dimana kadang² dapat diteruskan atau ditularkan melalui cairan ketuban (cairan bening yang mengelilingi dan melindungi bayi yang belum lahir di dalam rahim) atau sebagi jalan lahir pada bayi selama persalinan. Selain itu, sebuah infeksi streptokokus B selama kehamilan juga dapat menyebabkan keguguran meskipun hal ini jarang terjadi. Sedangkan infeksi bakteri strep B pada bayi yang belum lahir terjadi karena memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, sehingga bakteri dengan cepat menyebar ke seluruh tubuh mereka yang akhirnya menyebabkan infeksi serius seperti meningitis dan pneumonia.

Gejala-gejala infeksi strep B pada bayi yang baru lahir biasanya berkembang dalam beberapa jam pertama kelahiran, termasuk ;

  1. menjadi floppy dan tidak responsif
  2. mendengus saat bernapas
  3. suhu yang sangat tinggi atau rendah
  4. pernapasan menjadi tidak teratur atau denyut jantung tidak stabil

Namun perlu anda ketahui, selain diatas bakteri strep juga dapat menyebkan radang ginjal disebut juga sebagai post-streptokokus glomerulonefritis. Dimana kondisi ini dapat terjadi satu sampai dua minggu setelah infeksi radang tenggorokan. Salah satu indikasi dari jenis peradangan adalah urine berwarna karat.

Itulah sedikit ulasan mengenai Bahaya Infeksi Strep Akibat Faringitis yang harus kita waspadai sejak dini, sehingga kita lebih berhati² dan tentunya pengobatan menjadi dapat dilakukan lebih awal.

Dalam mencari langkah pengobatan yang tepat dan cepat untuk mengatasi faringitis, kami rekomendasikan cukup dengan konsumsiQNC JELLY GAMAT” 3x sehari sebanyak 2sendok makan sebelum makan 100% AMAN untuk semua kalangan, termasuk bayi, ibu hamil dan ibu menyusui Tanpa Efek Samping. Legalitas 100% HALAL dari MUI & terdaftar di DEPKES P-IRT No : 109321601291-1229

Info Lebih Lengkap Klik >>> Pengobatan Alami Faringitis

Salam Sehat..

Waspadai Bahaya Infeksi Strep Akibat Faringitis

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s