Deteksi Dini Bahaya Komplikasi Radang Tenggorokan

Deteksi Dini Bahaya Komplikasi Radang Tenggorokan,- Kadang-kadang dalam menanggapi infeksi radang tenggorokna, sistem kekebalan tubuh akan menyerang jaringan sehat yang akhirnya dapat menyebabkan munculnya berbagai bentuk komplikasi yang tentunya membuat kondisi berkembang menjadi lebih buruk.

Deteksi Dini Bahaya Komplikasi Radang Tenggorokan

Deteksi Dini Bahaya Komplikasi Radang Tenggorokan

Kadang-kadang dalam menanggapi infeksi strep, sistem kekebalan tubuh akan menyerang jaringan sehat, menyebabkan komplikasi seperti demam rematik , radang dari ginjal ( glomerulonefritis ), atau gangguan neuropsikiatri autoimun pediatrik terkait dengan infeksi streptokokus ( PANDAS ).

√ Radang amandel merupakan salah satu dari komplikasi radang tenggorokan yakni kelenjar getah bening yang terletak di bagian atas tenggorokan. Amandel sendiri berperan membantu tubuh dengan menyaring mikroorganisme, sehingga memecah infeksi. Ketika amandel mengalami kesulitan dalam menyaring bakteri dalam tenggorokan, mereka menjadi membengkak dan menjadi meradang sehingga menyebabkan kondisi yang disebut tonsitilis dengan gejala memerah, amandel membengkak disertai bintik² putih, nyeri rahang dan tenggorokan ketika disentuh, kesulitan dalam menelan, demam dan sakit kepala.

√ Demam berdarah, dimana komplikasi ini terjadi dari sebuah infeksi streptokokus yang tidak segera diobati. Demam berdarah pada jenis komplikasi radang tenggorokan dikenal juag sebagai demam scarlet yang biasanya muncul dengan gejala yang di tandai dengan ruam merah pada bagian dada dan perut sebelum menyebar di sebagian tubuh. Ruam ini terdiri dari benjolan yang dengan tekstur yang kasar seperti amplas bilan disentuh.

√ Pasca-streptokokus Glomerulonefritis, yakni termasuk salah salah satu kondisi dari komplikasi radang tenggorokan dimana ginjal terinfeksi dengan bakteri darin radang tenggorokan. Infeksi ini dapat mempengaruhi fungsi ginjal yang akhirnya mengakibatkan peradangan dan masalah dengan penyaringan urine. Gejala dari komplikasi ini termasuk penurunan keluarnya urin, darah dalam urin, pembengkakan perut, wajah atau mata dan pembengkakan pada ekstremitas bawah seperti kaki atau pergelangan kaki. Gejala yang terkait dengan gangguan tersebut juga dapat mempengaruhi sendi dapat menyebabkan kekakuan dan nyeri.

√ Pembentukan Nanah (supuratif) yakni teradapat dalam 3 bentuk termasuk abses peritonsillar, otitis media dan radang dlm selaput lendir. Ada juga bentuk komplikasi lain dari pembentukan nanah yakni infeksi yang menyebar ke darah, sumsum tulang belakang, otak dan selubung otot.

√ Demam reumatik dan radang ginjal diduga disebabkan oleh kondisi aneh di mana bakteri radang tenggorokan menyebabkan sistem kekebalan tubuh tidak bekerja dengan konsisten dan akhirnya menyerang organ²nya sendiri.

⇒ Demam rematik merupakan komplikasi serius dari radang tenggorokan. Diobati atau tidak diobati radang tenggorokan dapat menyebabkan bakteri yang tersisa di amandel merangsang respon kekebalan yang terus-menerus. Respon imun berlangsung dapat menyebabkan peradangan di bagian lain dari tubuh termasuk otak, jantung, sendi dan kulit. Kondisi ini disebut demam rematik dan biasanya terjadi dua sampai empat minggu setelah infeksi radang tenggorokan. Konsekuensi paling serius dari demam rematik adalah bahwa peradangan yang mempengaruhi jantung dapat menyebabkan parut pada katup jantung.

⇒ Penyakit ginjal, dimana hal ini dapat dipengaruhi oleh respon kekebalan tubuh seseorang. Bentuk penyakit ginjal dari komplikasi radang tenggorokan tidak begitu menjadi perhatian serius dibandingkan dengan komplikasi demam reumatik. Kondisi ini biasanya terjadi 1-3 minggu setelah infeksi tenggorokan dan biasanya sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari tanpa menyebabkan kerusakan ginjal jangka panjang. Namun kondisi ini mungkin dapat memicu gejala termasuk darah dalam urin, pergelangan tangan bengkak dan mata bengkak.

√ PANDAS adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan apa yang terjadi pada beberapa anak yang memiliki gejala gangguan tertentu yang mendapatkan infeksi buruk seperti radang tenggorokan atau demam berdarah. Gangguan yang lebih buruk termasuk gangguan obsesif kompulsif (OCD) dan gangguan tic seperti sindrom Tourette.

Potensi komplikasi infeksi radang tenggorokan yang tidak diobati termasuk infeksi telinga tengah (otitis media), infeksi sinus (sinusitis), pneumonia dan meningitis. Namun diantara banyak komplikasi dari radang tenggorokan (faringitis) yang perlu diwaspadai adalah demam rematik dan penyakit ginjal.

Itulah beberapa informasi mengenai Bahaya Komplikasi Radang Tenggorokan, semoga informasinya bermanfaat..

Alangkah baiknya pengobatan sejak dini dilakukan, dimana hal ini untuk mencegah berkembangnya kondisi menjadi lebih buruk, sehingga proses penyembuhan menjadi cepat. Maka kami rekomendasikan anda cukup dengan konsumsi QnC JellY Gamat Solusi obat herbal Radang Tenggorokan terbaik Asli indonesia dengan telah mendapatkan legalitas terdaftar di DEPKES P-IRT No : 109321601291-1229 & Bersertifikat 100% HALAL dari MUI.

Harga Perbotol Qnc Jelly Gamat Rp. 155.000 (isi 300ml)

Promo Besar-Besaran Hari Ini !!

BARANG SAMPAI BARU BAYAR

*Syarat & Ketentuan Berlaku*

( Informasi lebih lengkap klik >>> Obat Herbal Faringitis )

Deteksi Dini Bahaya Komplikasi Radang Tenggorokan

Salam Sehat,
Bersama Kami, Belanja Online Aman, Nyaman, Menguntungkan dan Terpercaya

Deteksi Dini Bahaya Komplikasi Radang Tenggorokan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s